blink

salju

cursor

Selasa, 24 September 2013

Filsafat Farmasi

Filsafat merupakan sebuah disiplin berpikir yang terkait dengan prihal pengetahuan atau kebijaksanaan.Actus Humanus (pertimbangan kemanusiaan), bukan asal bertindak (actus homini) Etimologi pengertian dan definisi filsafat sangat beragam sesuai dengan perkembangan para filsuf itu sendiri secara etimologi (arti kata), kata filsafat berasal dari kata yunani "philosophia" yang diterjemahkan sebagai cinta kearifan, akar katanya philos (philia:cinta) dn sophia (kearifan).

Filsafat selalu menggunakan rasio atau fikiran bukan emosional. filsafat kegiatan atau hasil pemikiran atau permenungan yang menyelidiki sekaligus mendasari ssegala sesuatu yang berfokus pada makna di balik kenyataan atau teori yang ada untuk disusun dalam sebuah sistem pengetahuan rasional. Permenungan kefilsafatan: percobaan untuk menyusun sebuah sistem pengetahuan rasional yang memadai untuk memahami dunia maupun diri sendiri.



Ciri-ciri berpikir filsafat: > Radikal > Kritis, tidak boleh menyerah > Rasional, mengedepankan rasio > Reflektif, mencerminkan pengalaman pribadi > konseptual, informasi yang tertata sebelumnya > Koheren, runut atau berurutan > Konsisten, berpikir lurus atau tidak berlawanan > Sistematis, saling berkaitan > Metodis, ada cara untuk memperoleh kebenaran > Komperhensif, menyeluruh > Bebas dan bertanggung jawab Tujuan dan manfaat filsafat: Mengumpulkan pengetahuan manusia sebanyak mungkin mengajukan kritik dan menilai pengetahuan ini, menemukan hakikanya dan menertibkan serta mengatur semua itu dalam bentuk yang sistematis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar